Rabu 08 May 2024 17:03 WIB

Panas Api Neraka Puluhan Kali Lipat dari Bara Api Dunia? Ternyata Ini Dalilnya

Rasulullah SAW ungkap betapa panasnya api neraka

Rep: Rahmat Fajar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi laknat dan siksa neraka. Rasulullah SAW ungkap betapa panasnya api neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka. Rasulullah SAW ungkap betapa panasnya api neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Neraka merupakan tempat bagi para pendosa saat akan menjalani siksaan di akhirat nanti. Nereka digambarkan sebagai tempat menyeramkan dan menyakitkan. Di dalamnya terdapat api yang akan membakar manusia.

Ada delapan macam tingkatan neraka yang diyakini umat Islam, salah satunya adalah neraka jahanam. Neraka ini khusus bagi mereka yang berbuat dosa besar tetapi enggan bertobat.

Baca Juga

Neraka ini digambarkan sebagai tempat paling mengerikan dibandingkan neraka lainnya. Jika neraka jahanam merupakan tempat yang paling mengerikan bagaimana bentuk api di neraka ini? 

Ibnu Katsir dalam kitabnya "Al Fitan" menjelaskan tentang warna api neraka jahanam. Menurutnya api neraka jahanam hitamnya sangat pekat. Hal tersebut berdasarkan sejumlah hadis yang dikutipnya antara lain:

Malik bin Anas berkata dalam Muwwathâ'-nya dari Abû az-Zinâd, dari al-A'râj, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: 

نارُكم هذه ما يُوقِدُ بنو آدمَ جزءٌ واحدٌ من سبعينَ جزءًا من نارِ جهنمَ قالوا: يا رسولَ اللهِ إنها أي نارَ الدنيا لكافيةٌ قال: إنها فُضِّلَت عليها بتسعةٍ وستينَ جزءًا كلَّهن مثلُ حرِّها

"Api anak Adam yang kalian nyalakan adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api jahanam." Para sahabat berkata, "Jika begitu saja, pasti sudah cukup. "Rasulullah berkata, "Sesungguhnya ia melebihi api dunia enam puluh sembilan bagian." 

Imam al-Bukhârî meriwayatkan dari Ismâ'îl bin Abû Umais dari Málik. Dikeluarkan oleh Imâm Muslim dari Qutaibah,dari al-Mughîrah bin Abdurrahmân al-Khuzâmî, dari Abû az-Zinâd seperti itu pula. 

Imâm Ahmad berkata, "Sufyân meriwayatkan kepada kami dari Abú az-Zinâd, dari al - A'râj, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 'Sesungguhnya api kalian adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api jahanam dan telah dipukul dengan laut dua kali. Kalaulah tidak karena itu, Allah tidak membuatnya bermanfaat untuk siapa pun." Di atas syarat Shahîhain.

Imam Ahmad berkata,"Abdurrahmân meriwayatkan kepada kami dari Himâd, dari Muhammad bin Ziyâd, dari Abu Hurairah bahwa ia mendengar Abû al-Qasim shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 'Api anak Adam yang kalian nyalakan adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api jahanam.'"

Imam Ahmad meriwayatkan dari 'Abdu ar-Razaq, dari Ma'mar, dari Hamâm, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Api kalian ini yang dinyalakan oleh anak Adam adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian dari panasnya api jahanam. "Mereka berkata, "Jika begitu saja, pasti sudah cukup. wahai Rasulullah." Rasulullah berkata, "Tetapi ia melebihinya enam puluh sembilan bagian , yang setiap itu sama panasnya." 

Abu Bakar al-Bazzar berkata, "Bisyar bin Khalid al - 'Askari meriwayatkan kepada kami dari Sa'îd bin Maslamah, dari 'Ashim bin Kalib, dari ayahnya, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 'Sesungguhnya api kalian ini dan setiap api yang aku nyalakan atau yang mereka nyalakan adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api jahanam."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement