Rabu 01 May 2024 23:04 WIB

Nabi SAW Pernah Doakan Kesulitan untuk Para Pejabat, Ternyata Ini Alasan di Baliknya

Doa sangat dianjurkan Rasulullah SAW menghadapi pejabat yang zalim.

Ilustrasi berdoa. Doa sangat dianjurkan Rasulullah SAW menghadapi pejabat yang zalim
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi berdoa. Doa sangat dianjurkan Rasulullah SAW menghadapi pejabat yang zalim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seorang pemimpin negara maupun pejabat mengemban tugas mulia dan tanggung jawab yang besar dalam mengurusi rakyat di berbagai aspek kehidupan. Namun apa jadinya jika seorang pejabat justru malah mempersulit kehidupan rakyat?

Diriwayatkan dari Aisyah RA, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan sebuah doa yang dikhususkan untuk orang-orang yang memegang jabatan.

Baca Juga

Dalam Shahih Muslim, Aisyah RA meriwayatkan bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah SAW mengucapkan doa di rumahnya. Beliau SAW berdoa sebagaimana berikut ini:

اللَّهُمَّ مَنْ وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَشَقَّ عَلَيْهِمْ، فَاشْقُقْ عَلَيْهِ وَمَنْ وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَرَفَقَ بِهِمْ، فَارْفُقْ بِهِ

Latin:

Allahumma man waliya min amri ummati syai'an fa syaqqo 'alaihim fasyquq 'alaihi, wa man waliya min amri ummati syai'an farofaqo bihim farfuq bihi

Terjemahan:

"Ya Allah, siapa yang menjabat suatu jabatan untuk mengurusi umatku lalu dia mempersulit mereka, maka persulit jugalah dia. Dan siapa yang menjabat suatu jabatan untuk mengurusi umatku lalu dia berusaha menolong mereka, maka tolong pulalah dia." (HR. Muslim).

Hadits tersebut memberikan petunjuk bahwa jabatan di pemerintahan yang diemban oleh seseorang merupakan amanah berdasarkan nilai dan kemampuan yang disertai ilmu dan pemahaman.

Jika seseorang yang memiliki jabatan yang dengannya dia memiliki kewenangan dan tanggung jawab, lalu malah mempersulit kehidupan rakyatnya, maka celakalah pula ia dalam berbagai urusannya sebagai balasan.

Sebaliknya, bila seseorang telah diberi amanah atau tanggung jawab memimpin rakyat lalu dengannya dia memberi pertolongan kepada rakyatnya sesuai perintah Allah dan rasul-Nya, maka urusan yang dihadapi dalam hidupnya juga akan diberi pertolongan.

Al Rifqu dalam hadits tersebut berarti memimpin rakyat dengan penuh ketakwaan kepada Allah dan mengikuti tuntunan rasul-Nya serta bersikap baik kepada rakyat. Tidak menyulitkan rakyat dan justru memberi kemudahan kepada rakyatnya.

Hadits itu juga mengandung doa untuk mempermudah urusan seorang pejabat sebagaimana ia memberikan kemudahan kepada rakyat. Dalam hadits itu juga terkandung peringatan untuk tidak mempersulit kehidupan rakyat, dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Juga berusaha mencegah datangnya kesulitan yang didera rakyat, serta tidak lalai terhadap keadaan rakyat.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Pekerjaan (pada sebuah jabatan pemerintahan) itu adalah amanah, yang pada hari kiamat kelak dipertanggungjawabkan dengan risiko penuh kehinaan dan penyesalan, kecuali bagi orang yang memenuhi syarat dan dapat melaksanakan tugas yang diembankan kepadanya dengan baik." (HR Muslim).

Generasi saleh terdahulu selalu memegang hal tersebut. Merenungkan apa saja hak-hak yang mereka miliki, menjaga amanah yang diberikan, dan mengatasi berbagai ketidakadilan yang dialami orang-orang.

Sumber: dorar 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement