Sabtu 27 Apr 2024 13:26 WIB

5 Doa Nabi Muhammad Ketika Sedang Berada dalam Kesulitan dan Masalah Hidup

Sebagai seorang Muslim hendaklah untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Doa atasi kesulitan (ilustrasi)
Foto: republika
Doa atasi kesulitan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap manusia akan menghadapi cobaan dan masalah dalam hidupnya. Cobaan itu datang tidak hanya satu-dua kali, cobaan itu terus datang secara bertubi-tubi.

Iman kita yang naik turun dimanfaatkan oleh setan yang memang sejak dahulu bersumpah untuk menjerumuskan umat manusia pada jurang kesesatan. Setan akan memprovokasi manusia untuk menjauhi Tuhannya.

Baca Juga

Agar hal tersebut tidak terjadi, ingatlah bahwa Allah bersama orang-orang yang mengingat-Nya. Karena itu, ketika kita berada dalam banyak persoalan yang mungkin kita tak sanggup melewatinya, maka sebagai seorang Muslim hendaklah untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Berikut ini doa-doa ketika kita sedang berada dalam kesulitan dan masalah hidup, dikutip dari buku Tuntunan Dzikir dan Doa Menurut Rasulullah karya Sayyid Sabiq.

Doa Nabi Muhammad Saat Mengalami Kesulitan

1. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Ibnu abbas ra bahwa Rasulullah saw biasa berdoa ketika sedang ditimpa kesusahan dengan mengucapkan:

لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ، لَا إِلَهَ إِلا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العظيم، لا إلهَ إلا الله رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ رَبُّ العَرْشِ الكَرِيمُ

Latin:

Laa ilaaha illallahul 'adzhiimul haliim, laa ilaaha illallahu rabbul 'arsyil 'adzhiim, laa ilaaha illallaahu rabbus samaawaati wa rabbul ardhi rabbul 'arsyil kariim

Artinya:

“Tidak ada Tuhan selain Allah, yang Mahaagung lagi Maha Penyantun, tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan Arsy yang agung, tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan langit dan bumi, dan Tuhan 'Arsy yang mulia."

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement