Rabu 27 Mar 2024 13:15 WIB

Dzikir dan Doa yang Jarang Orang Ketahui agar Dimudahkan Masuk Surga

Dzikir menjadi penenang hati dan membangun optimisme.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan di mana terkabulnya doa-doa dihapuskannya dosa-dosa dan bulan dimana umat muslim banyak mencari pahala, Berikut beberapa doa dan dzikir yang bisa dipanjatkan ketika bulan ramadhan yang dapat menambah pundi-pundi pahala :

Pertama, membaca Surat Ikhlas

Surat Al-Ikhlas mengandung kedalaman makna yang luar biasa dalam konsep tauhid. Ketika seseorang membaca surat ini dengan sungguh-sungguh, ia membuka pintu hatinya untuk menerima kebenaran yang suci dan murni tentang keesaan Allah SWT. 

Baca Juga

Hal tersebut tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaannya, tetapi juga membawa kebahagiaan spiritual yang mendalam karena merasakan kehadiran Allah yang Maha Esa dalam setiap aspek kehidupannya. 

 

Dalam hadis Bukhari dijelaskan bahwa ketika seseorang membaca Surat Al-Ikhlas, maka sama seperti membaca sepertiga Alquran. 

 

وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ الخُدْرِي – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ فِي : { قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ } : (( وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ القُرْآنِ )) .

وَفِي رِوَايَةٍ : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ لِأَصْحَابِهِ : (( أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ بِثُلُثِ القُرْآنِ فِي لَيْلَةٍ )) فَشَقَّ ذَلِكَ عَلَيْهِمْ ، وَقَالُوا : أيُّنَا يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ فَقَالَ : (( { قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ اللهُ الصَّمَدُ } : ثُلُثُ الْقُرْآنِ )) رَوَاهُ البُخَارِي 

Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang surah “Qul huwallahu ahad (surat Al-Ikhlas)”, “Demi diriku yang ada pada tangan-Nya, sesungguhnya surah tersebut sama dengan sepertiga Alquran.”

Sedangkan dalam riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada para sahabatnya, “Apakah salah seorang di antara kalian merasa lemah untuk membaca sepertiga Alquran pada satu malam?” Maka itu berat bagi mereka, dan mereka berkata, “Siapakah di antara kami yang sanggup melakukan itu, wahai Rasulullah?” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Qul huwallahu ahad Allahush shamad (surah Al-Ikhlas) adalah sepertiga Alquran.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no.

Kedua, membaca dzikir berikut sebanyak 100 kali setiap hari

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( مَنْ قَالَ حِيْنَ يُصْبِحُ وَحِيْنَ يُمْسِي : سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ ، مِئَةَ مَرَّةٍ ، لَمْ يَأْتِ أَحَدٌ يَوْمَ القِيَامَةِ بِأفْضَلَ مِمَّا جَاءَ بِهِ ، إِلاَّ أحَدٌ قَالَ مِثْلَ مَا قَالَ أَوْ زَادَ )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan ini ketika pagi dan petang hari: Subhanallahi wa bihamdihi (Maha Suci Allah dengan memuji-Nya), seratus kali, tidak ada seorang pun yang lebih baik daripada yang ia bawa pada hari kiamat, kecuali seseorang yang mengucapkan yang sama seperti yang ia ucapkan atau lebih dari itu. (HR. Muslim). 

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ

Subhanallah wa bihamdihi. (sebanyak 100 kali). 

Maha Suci Allah dengan memuji-Nya. 

Ketiga, membaca Surat Mulk setiap hari sebelum tidur

Salah satu keutamaan besar Surat Al-Mulk adalah janji syafaat yang diberikan Allah SWT kepada pembacanya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga menyatakan bahwa Surat Al-Mulk akan menjadi pembela bagi orang yang rajin membacanya dan memberikan syafaat di hadapan Allah pada hari kiamat. 

Sebagaimana dalam hadis disebutkan bahwa:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ  إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada suatu surat dari Alquran yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafaat bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabarakalladzi biyadihil mulk, (surat Al Mulk)” (HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Majah no. 3786, dan Ahmad 2/299).

Keempat, membaca Ayat Kursi setelah sholat

Dalam mengarungi perjalanan, umat Muslim diberikan petunjuk dan panduan dalam Alquran dan Sunnah Rasulullah. Salah satu praktik yang dianjurkan adalah membaca Ayat Kursi setelah menyelesaikan shalat. Tindakan sederhana ini diyakini memiliki keutamaan besar dan dapat membuka pintu surga bagi orang yang melakukannya dengan penuh keikhlasan dan keyakinan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement