Dilantik Kamis Sore Ini, Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Jogregan  
Bambang Susantono (kiri) - (Republika/Adhi Wicaksono)
Bambang Susantono (kiri) - (Republika/Adhi Wicaksono)

JAKARTA -- Bambang Susantono segera menjabat sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Dia akan didamping wakilnya Dhony Rahajoe. Pelantikan keduanya akan dilakukan oleh Presiden Jokowo Widodo (Jokowi) pada sore ini, Kamis (10/3/2022) di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan ini juga bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan. Adapun yang akan dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Selatan sisa masa jabatan tahun 2022-2023 yakni Andi Sudirman Sulaiman.

“Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangannya, Kamis (10/3/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Heru juga menyampaikan, acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB dengan diawali terlebih dulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan.

Diperoleh keterangan, Bambang Susantono bukanlah sosok baru di pemerintahan. Dia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB pada 1987 ini, juga dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Selain itu, pria kelahiran 4 November 1963 itu juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010 serta pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia.

Di tingkat internasional, Bambang juga pernah menjadi anggota Board of Trustees untuk The South North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan. Lembaga ini bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Tak hanya itu, Bambang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB) sejak Juli 2015. Bambang juga telah menulis beberapa buku terkait infrastruktur dan transportasi, salah satunya yakni ‘Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah’ dan ‘1001 Wajah Transportasi Kita’.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image