‘The Muslim Show’ Goes to Indonesia

‘The Muslim Show’ Goes to Indonesia
Daya Tarik Dunia. Salah satu cuplikan serial komik "The Muslim Show" versi bahasa yang diunggah di halaman Facebook The Muslim Show Indonesia. Simpel dan mengena.







Kalo kamu penggemar komik, dan suka mengikuti perkembangan komik Prancis, pasti kenal sama tiga nama ini: Noredine Allam, Greg Blondin dan Karrim Allam. Yap, mereka adalah pembuat serial komik “The Muslim Show” yang populer lewat jejaring sosial Facebook.

Nah, kabarnya nih, ketiga komikus berbakat asal negara modis tersebut bakal dateng ke Indonesia bulan Maret 2014 mendatang. Rencananya, mereka bakal menemui para penggemarnya dan melakukan serangkaian roadshow di beberapa kota.

Sebelumnya, nama Noredine cs memang tidak begitu dikenal di kalangan para penggemar komik di Indonesia. Tapi, sejak serial “The Muslim Show” yang mereka tulis itu sering berseliweran dan menarik perhatian di Facebook dan mendapat banyak ‘like’ dari follower-nya, mendadak nama mereka mulai dikenal.

Di negara asalnya, “The Muslim Show” adalah serial komik pertama yang bercerita tentang kehidupan masyarakat muslim Eropa. Komik-komik pendek yang mereka tulis cepat digemari banyak orang, khususnya para pembaca Muslim.

Dalam komik itu, visualisasi kehidupan masyarakat Muslim  di Barat ditampilkan dengan cara yang sederhana dan humoris. Cerita bermuatan relijius yang disisipkan pun gampang dipahami, dan bahkan, cukup banyak konten-kontennya yang bisa menyentil kita sebagai Muslim secara ‘halus’ dengan bahasa khas komik.

Setiap harinya, mereka mengunggah minimal satu halaman komik “The Muslim Show” ke halaman Facebook. Topik yang mereka angkat macam-macam. Mulai dari persoalan jilbab trendi di kalangan muslimah muda yang dinilai bersinggungan dengan syar’i, hingga ilustrasi dunia yang magnetnya kian menggoda dan bikin kita jauh dari Tuhan.

Saat ini, lebih dari setengah juta orang di seluruh dunia telah menjadi ‘jamaah’ setia serial “The Muslim Show” di Facebook. Fanpage resmi mereka yang berbahasa Prancis punya penggemar lebih dari 261 ribu orang. Untuk versi berbahasa Inggrisnya, mereka sudah punya pengikut lebih dari 487 ribu orang.

Sedangkan fanpage “The Muslim Show” berbahasa Indonesia, yang baru saja diluncurkan November 2013 lalu, dalam waktu singkat sudah punya fans lebih dari 18 ribu orang. Jumlah ini tergolong besar untuk popularitas mereka yang terbilang baru di pasar komik Indonesia.

Dan agaknya, antusiasme ini juga yang membuat penerbit lokal sekelas Mizan kepincut menerbitkan dua edisi komik “The Muslim Show” (yang sebelumnya telah dibukukan di Prancis, Belgia dan Swiss) untuk penggemarnya di Indonesia. Dua judul tersebut adalah: “Ramadhan ala Muslim Show (judul asli: “Muslim Show Ramadan”) dan “Hidup Bertetangga ala Muslim Show” (judul asli: “Muslim Show Voisin Voisin”).

Dikutip dari keterangan resmi di website Mizan.com, “The Muslim Show” edisi Indonesia akan diluncurkan pada 9 Maret 2014, saat event Islamic Book Fair 2014 di Jakarta. Ketiga komikus Noredine, Greg dan Karin juga akan ikut hadir. Beberapa hari kemudian, mereka dijadwalkan untuk memberikan kuliah singkat serta lokakarya komik pada 12 dan 14 Maret 2014 di Yogyakarta dan Bandung. So, pastikan kamu catat tanggalnya, ya. ;)