Sandal Kabibi, Inovasi Sandal Kesehatan

Sandal Kabibi, Inovasi Sandal Kesehatan
Cipto (kiri), Sari dan Fauzi. Kreator Sandal kesehatan dari cangkang kerang. Foto: Sari Aminawati







Pastinya pernah lihat lantai dari batu pebble atau kerikil kan? Itu looh, yang biasa dipakai buat refleksi kaki di rumah. Biasanya berbentuk kecil, bulat dan nggak tajam. Lantai refleksi tersebut sering kali dipakai untuk melancarkan darah, menjaga kesehatan dan pastinya menjaga kebugaran tubuh. Hemm. Tapi, kalau nggak ada bagaimana?

Eit, don’t worry yaw. Inovasi dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta ini, bisa jadi rujukan baru sebagai alat kesehatan yang lebih simpel, ringan dan pastinya dengan harga terjangkau. Sebuah alat kesehatan yang bisa dibawa ke mana-mana. Sandal Kabibi. Yap, dengan sandal ini, kamu tetap bisa tampil trandy and keep on healthy.Sandal ini diberi nama sandal Kabibi. Dalam bahasa Filipina, kabibi berarti cangkang kerang.

Salah satu bentuk sandal Kabibi.

Salah satu bentuk sandal Kabibi.

Menurut Cipto Sabdo Prabowo, ide bermula saat melihat banyak limbah cangkang kerang yang dibuang tanpa ada pemanfaatannya. “Padahal saya lihat, cangkang tersebut sangat menarik. Hingga akhirnya terpikir untukmengikuti lomba Program Kreativitas Mahasiswa dari DIKTI,” terang Cipto. Bersama Sari Aminawati, dan Ahmad Arifudin Fauzi, dengan modal awal lima juta, limbah kerang tersebut disulap menjadi sebuah sandal kesehatan.

Setiap bulannya, rata-rata tiga puluh pasang yang mereka buat. Dengan begitu, harus punya stok cangkang kerang yang banyak. So, mereka membayar Rp 20 ribu ke suplier yang punya usaha rumah makan seafood di daerah Yogyakarta. “Tapi, tetap harus memilah jenis cangkang. Karena jenis cangkang kerang jahe yang kami pakai. Teksturnya bergerigi, jadi nggak perlu perlakuan khusus pada penggunaannya,” tambah Sari

Selain menggunakan cangkang kerang, sandal Kabibi juga menggunakan bahan spons dan karet sebagai pelapis cangkang kerang. Jadi, siapapun yang pakai sandal ini akan tetap tampil nyaman dan trendi. Anyway, dengan memakai sandal kabibi ini, kamu juga ikut serta menjaga kelestarian alam looh. Loh, kok bisa? Pastinya doong. Dengan memanfaatkan limbah cangkang karang dengan mengurangi pencemaran lingkungan. Apalagi harganya only Rp 50 ribu. Sebuah alternatif kesehatan yang efektif dan murah bukan. Tertarik?