Rambut Sehat Meski Berhijab? Ini Dia Caranya!

Rambut Sehat Meski Berhijab? Ini Dia Caranya!







Di samping jadi kewajiban, berhijab atau memakai jilbab kini telah jadi bagian dari fashion kaum hawa. Berbagai model hijab muncul dengan kreasi yang unik, menjadikan kain penutup rambut ini kian trendy. Namun, ketika memakainya sering kali kita cuma mementingkan tampilan luar. Lalu gimana dengan rambut kita yang tertutupi?

Nah, Janna merangkum beberapa tips kesehatan rambut nih buat kamu yang berhijab/memakai jilbab :

  • Hindari memakai jilbab saat rambut basah. Rambut basah yang ketutup bisa jadi lepek dan bau.
  • Hindari pakai kerudung terlalu sering dan kencang. Selain membuat rambut sulit bernafas, juga berpotensi bikin kulit kepala lembab. Kalau kamu suka pakai hijab berlapis-lapis, maksimal gunakan empat lapis kerudung dan berbahan katun agar menyerap keringat.
  • Untuk pilihan gaya, sebaiknya nggak mengikat kerudung di bagian leher buat kamu yang beraktifitas di luar ruangan, karena akan menghambat sirkulasi udara.
  • Bila beraktifitas di luar ruangan, pilih warna yang cerah dan hindari pakai warna gelap, karena mudah menyerap panas dan bikin kulit kepala terasa panas dan lembab.
  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang saat memakai jilbab. Rambut yang dikepang atau dicepol akan lebih baik karena ikatannya lebih longgar namun mengunci rambut lebih rapi.

Selain itu, makanan juga berpengaruh bagi rambut kamu loh! Mau tau? Hindari daging merah karena mengandung aktivator DHT (Dihydrotestosterone) yang mengakibatkan kerontokan. Kalau rambut kamu rontok, tambahkan teh hijau dan kedelai dalam menu kamu karena makanan tersebut penghambat DHT alami. Biji labu yang dikeringkan atau dipanggang bisa juga mencegah kerontokan.

Bagi kamu yang mengalami kerontokan akibat anemia, konsumsi kurma hitam, seledri, kismis hitam, telur, kacang-kacangan, klabet, dan minyak ikan agar kerontokan berkurang. Nah, kalau kerontokan akibat kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid, batasi konsumsi kol, brokoli, kembang kol, dan tanaman kacang-kacangan. Makan yogurt dan nggak merokok juga mengurangi kerontokan rambut loh! Setelah tau treatment-nya, dijamin deh meski tertutup, rambut kamu bakal tetap sehat dan cantik.