Perhatikan Ini Sebelum Olahraga Lari Guys!

Perhatikan Ini Sebelum Olahraga Lari Guys!







Berlari, bisa jadi salah satu olah raga yang paling kamu hindari, ya nggak? Namun, seiring perubahan zaman, ternyata masyarakat di perkotaan makin menyukai olah raga lari sebagai bagian dari gaya hidup. Apalagi, setelah difasilitasi hadirnya CFD alias car free day. Tentunya, kamu juga nggak boleh ketinggalan ikut lari Jannaration.

Eits, tapi kamu yang sebelumnya jarang lari perlu nyimak ini nih, poin-poin yang dikasih sama dr. A. Andi Kurniawan, SpKO dari Indonesia Sports Medicine Center (ISMC), biar lari kamu tetap kontinu.

  • Pemanasan. Mulailah dengan pemanasan jalan cepat atau joging, baru semakin tingkatkan kecepatan lari. Pemanasan penting untuk mencegah cedera akibat porsi olah raga yang tiba-tiba berat.
  • Pilih sepatu yang tepat. Karakteristik sepatu lari yakni ringan dan solnya empuk karena menyesuaikan dengan kegiatan lari yang gerakannya repetitif, beda dengan olahraga basket yang cenderung lebih banyak loncat dan landing.
  • Berlari di Treadmill. Nah, kalau ini cocok buat kamu yang pemula. Karena tempatnya yang datar akan meminimalisasi cedera. Dengan treadmill juga bisa diatur kecepatan mulai dari jalan kaki sampai berlari.
  • Berlari di Alam Bebas. Kalau kamu yang udah rutin berlari, bisa coba berlari di pegunungan atau medan bergelombang. Ini akan bikin otot tungkai kamu makin kuat.
  • Berenang dan Bersepeda. Ternyata berlari nggak direkomendasikan loh buat kamu yang kelebihan berat badan alias overweight. Lutut kamu bisa cedera. Bikin berat badan kamu berkurang dulu dengan berenang atau bersepeda, baru boleh olahraga lari.
  • Pendinginan. Setelah lari lakukan pendinginan.
  • Jadikan rutinitas. Agar tetap kontinu, usahakan porsi olahraga kamu 150 menit seminggu. Nah, biar nggak berat, kamu bisa luangkan 10 menit di pagi hari, 10 menit di siang hari, dan 10 menit di sore hari buat olahraga.
  • Asupan Nutrisi. Jika kamu cuma ingin lari jarak pendek, mungkin kamu cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebelumnya. Kalu jarak jauh, asupan lemak juga dibutuhkan.

So, siap berlari Jannaration? Ready, Set.. GO!