Open Mic Keliling, Ajang Latihan Komik UNJ

Open Mic Keliling, Ajang Latihan Komik UNJ







Suka nonton stand up comedy? Meski cuma bermodalkan standing mic, comic-comic itu kok bisa ya bikin banyolan yang lucu banget? Ternyata, jadi comic juga butuh latihan loh..

Para comic dari Stand up UNJ misalnya, yang punya aktivitas bertajuk Open Mic Keliling yang jadi ajangnya para comic jajal kemampuan fisik dan mental. Komunitas independen yang berdiri 14 Februari 2012 lalu ini sudah lima kali mengadakan acara Open Mic ini. Konsepnya, mereka akan keliling ke tiap fakultas dengan tujuan untuk memberikan hiburan secara gratis bagi mahasiswa dan umum. Tapi bagi comic, inilah semacam ujian.

“Banyak banget yang bisa dipelajari dari open mic ini, mulai dari adu materi sampai tes mental. Karena ini latihan jadi nggak selalu semuanya lucu, itu dia yang kadan

g bikin garing”, ujar M. Faizal, mahasiswa semeater VII yang juga pendiri sekaligus ketua Stand Up UNJ.

Tantangan lainnya, menurut Faizal adalah bagaimana supaya penonton bisa menerima materi candaan yang kadang terkesan menyindir, kasar, sampai kadang tergolong ‘jorok’ buat sebagaian orang. Mereka yang belum bergabung dengan Stand Up UNJ dan baru mau jajal jadi comic pun sisilahkan mendaftar jadi penampil. “Open mic ini itu penting buat kita tau apakah materi kita bisa diterima apa ngga sama orang. Lewat open mic ini kita juga sengaja menjaring comic-comic baru dari berbagai fakultas untuk kita tampilkan di show”, tambah Faisal.

Lewat ajang ini, para comic Stand Up UNJ juga bisa sharing mic dan berbagi pengetahuan soal materi dengan comic-comic lain yang berasal dari komunitas lain di sekitar Jakarta. Saat Open Mic Senin (9/9) ini misalnya, banyak comic dari komunitas lain ikut nimbrung ber-stand up comedy. Ada komunitas Stand Up Jakarta Barat, Stand Up Jakarta Pusat, Stand Up Bekasi; pun juga dari berbagai komunitas stand up berbagai kampus. Ada dari Stand Up Gunadarma, YAI, Unindra, Unsada, dan BSI. Panca Atis, comic yang kerap tampil di show stand up comedy televisi juga hadir.

Saat ini, anggota Stand Up UNJ ada 15 orang yang terdiri dari 7 orang comic, peminat stand up show, dan mereka yang memang ingin gabung. “Ang

gota kita ada comic, peminat stand up, desainer grafis, dll. Ya mudah-mudahan kita bisa bikin EO stand up show lah hehe”, ujar Faisal lagi. Jika sebelumnya 7 comic dari Stand Up UNJ cuma’manggung’ di event-event regional, rencananya November nanti mereka bakal ngadain show sendiri loh yang bakal jadi pertama kalinya milik Stand Up UNJ. So, mari kita tunggu yuk Jannaration..