Nuqtoh, Bisnis Kreatif Bermodal Otodidak

Nuqtoh, Bisnis Kreatif Bermodal Otodidak
Foto: Dok. Rifani







Menjadi seorang ahli, nggak melulu lewat pendidikan formal bukan? Yups, slogan tersebut, dibuktikan Muhammad Rifani. Meski kuliah di Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dia juga jago desain, looh. Hebatnya lagi, ilmu desain dipupuknya secara otodidak alias belajar sendiri. Wow, cool kaan…

“Waktu itu, desain saya berhasil menang di beberapa lomba nasional. Alhamdulillah ada beberapa instansi yang tertarik menggunakan jasa saya. Jadi, rasa percaya diri semakin mantap menggeluti dunia desain,” aku Rifani.

Rifani dan isteri

Tahun 2011, setelah lulus kuliah. Kesempatan mendalami ilmu desain ia jalani. Mulai dari community development di gantibaju.com, community manager di tees.co.id. Hingga kesempatan menjadi community manager Nirmana Award di tahun 2012. Pengalaman tersebut, membuka kesempatan bagi Rifani untuk membuat industri kreatif sendiri.

Yups, nggak mau hanya bermimpi tanpa eksekusi. Awal 2013, Rifani dan istri membuka industri kreatif kaos bernama Nuqtoh. “Nuqtoh berasal dari kata bahasa Arab, artinya ‘titik’. Inspirasi awal mengambil filosofi titik di huruf ‘ba’ pada kata ‘basmalah’. Nuqtoh juga bermakna hal paling dasar (titik) awal dari sesuatu, seperti anak-anak. Jadi, pada dasarnya mencoba memberikan edukasi Islami sejak awal pada anak-anak,” terang pria kelahiran Kambat Selatan, Kalimantan Selatan, 22 Oktober 1989 ini.

Dengan modal awal Rp 2 juta, Rifani sekarang  bisa memproduksi sebanyak 100 hingga 200 kaos tiap bulannya. Untuk harga? Hemm, don’t worry guys. Sangat variatif dan kompetitif. Untuk ukuran terkecil XS ditaksir Rp 65 ribu. Pastinya, kalau beli dalam jumlah besar, atau sudah terdaftar sebagai agen. Tentu, ada diskon spesialnya.

Salah satu keunikan dari kaos Nuqtoh ini, terlihat dari kualitas desain dan konsep yang nggak biasa. Edukasi Islami yang simpel dan mudah diterima oleh anak-anak, menjadi selling point dari kaos berbahan cutton combed dan tinta lokal yang sudah teruji ini. Dengan begitu, brand awareness dari pembeli dapat dengan mudah didapat. Tertarik? Sila cek linimasanya di @nuqtoh.