MUN 2013, ‘Pesta’-nya Para Ilmuwan

MUN 2013, ‘Pesta’-nya Para Ilmuwan
Pemberian Penghargaan Bagi Para Pemenang KIMI dalam ajang MUN 2013







MIPA UI Awards jadi puncak MIPA Untuk Negeri (MUN) 2013. Acara ini merupakan ajang apresiasi bagi ilmuwan Indonesia. “Sekarang ini apresiasi pada ilmuwan kan rasanya masih kurang. Banyak ilmuwan kita yang kontribusinya bahkan diakui secara internasional. Dari situ kita rencanakan adanya penghargaan ini dan diprakarsai oleh BEM,” ujar rahmat Zaki Iqbal selaku ketua panitia.

Ada delapan awards yang diberikan di malam puncak itu. Kategorinya dibagi dalam Ilmuwan kontributif di lima bidang MIPA, Ilmuwan muda kontributif, mahasiswa inspiratif, dan tak ketinggalan lifetime achievement.

Penghargaan lifetime achievement yang jadi kategori paling tinggi malam itu diberikan pada Prof.(emeritus) Dr. Indrawati Gandjar dari Universitas Indonesia. Ia pernah jadi kurator University of Indonesia Culture Collection yang terdaftar di World Federation of Culture collections sejak 1980-2002. Ia juga pernah ditunjuk pemerintah sebagai National Point of Contact Representative (NPCR) Mikrobiologi dari Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Dep. P. dan K dari 1988-2003.

Sedangkan, penghargaan ilmuwan muda kontributif mampir ke bocah 14 tahun asal Bogor berkat penemuan sepatu antikekerasan seksual, Hibar Syahrul Gafur. “Harapannya semoga ada pihak yang membantu mendapatkan hak paten dan ada pengusaha yang mau memroduksi sepatu ini secara masal”, ungkap bungsu dari dua bersaudara itu.

Bukan cuma awarding yang diumumkan, tapi juga pengumuman pemenang KIMI (Konferensi Ilmuwan Muda Indonesia). Yup, sebelum malam puncak, mahasiswa dari penjuru negeri berpatisipasi dalam KIMI, dimana mereka membahas dan mempresentasikan karya tulisnya di bidang konservasi. “Ada sekitar belasan kelompok dari bebagai kampus di Indonesia yang kita seleksi dulu karya tulisnya. Ada tiga tema konservasi yang kita bahas, yaitu konservasi lingkungan, konservasi energi, dan pendidikan konservasi”, jelas Zaki.

Mengambil tema besar Indonesia Sepanjang Masa, panitia MUN 2013 ingin menyadarkan para peserta kalau mereka punya peran besar menentukan masa depan Indonesia. Zaki pun mengungkapkan, adanya awards akan banyak memicu inventor baru bermunculan. Acara yang berlangsung pada 2-7 September itu juga dimeriahkan berbagai hiburan tarian daerah dan penampilan bintang tamu penyanyi Alika, Bras band, Viva UI, dan Density UI.