Merawat Perangko Gampang-Gampang Susah

Merawat Perangko Gampang-Gampang Susah

Apa hobimu Jannaration? Umumnya, tiap orang pasti punya hobi buat menyalurkan kesukaan mereka pada suatu aktivitas atau objek. Kecintaan pada perangko misalnya! Aktivitas hobi yang lebih dikenal dengan istilah filateli ini memang bisa mengasyikkan buat sebagian orang. Selain bisa menambah pengetahuan dari visual yang ditampilkan perangko dari berbagai daerah, filateli juga bisa melatih ketekunan, ketelitian, kesabaran, dan juga kebersihan kita loh!

Kok bisa? Iya, soalnya filateli memang membutuhkan ketelatenan buat merawat dan kesabaran dalam mengumpulkannya. Nggak percaya? Yok coba deh mulai mengoleksi perangko… Buat kamu yang mau coba, Janna merangkum nih beberapa hal yang bisa membantu kamu jadi filatelis.

Pertama, pastikan kamu udah punya album perangko.Ini penting soalnya album perangko memang diciptakan agar perangko tetap terjaga dengan baik. Nah, kalau ini pertama kalinya kamu mulai mengumpulkan perangko, pastikan kamu melepas perangko dengan baik. Caranya, jangan langsung melepas perangko yang tertempel dari kertasnya. Lebih baik, kamu gunting dengan kertasnya, lalu rendam dalam air hangat atau air biasa sampai perangko terlepas sendiri dari kertasnya.

Kedua, setelah lem yang tersisa benar-benar sudah dibersihkan, keringkan perangko. Eits, tapi jangan menjemurnya langsung loh ya.. Kalau dijemur, dikhawatirkan perangko jadi melengkung dan memudar. Jadi, cukup diletakkan di atas tissue atau kain agar kering dengan sendirinya.

Ketiga, setelah kering, mulailah rapikan perangko ke dalam album. Lebih baik, pisahkan perangko berdasarkan serinya, jenisnya atau tahun terbitnya. Seperti yang Janna sebutkan tadi, simpan perangko di dalam album karena album perangko memiliki pelindung plastik. Cuma, yang perlu diingat adalah kamu kudu rajin membuka dan membersihkan debu agar perangko nggak nempel di plastik pelindung akibat terlalu lama ditutup. Tapi jangan sering-sering menyentuh perangko kamu dengan tangan langsung ya.. soalnya sentuhan tangan akan meninggalkan bekas dari kulit kita, seperti keringat dan minyak yang lama kelamaan akan nampak.

Keempat, agar lebih terawat kamu bisa tambahkan silika atau butiran anti lembab di sela-sela album perangko biar nggak tumbuh jamur. Namun, secara berkala juga harus diganti dengan yang baru karena dapat menimbulkan noda kalau terlalu lama nggak diganti.

Nah, Jannaration, kalau kamu punya banyak perangko dengan jenis atau seri yang sama, kamu juga bisa loh tukeran dengan sesama filatelis yang mungkin tertarik dengan perangko punya kamu. Jangan lupa, kamu juga kudu pinter-pinter memilah perangko yang kondisinya bagus, yakni yang geriginya masih lengkap, nggak robek, pudar, atau terkena noda selain stempel. Semakin tua usia perangkomu dengan kondisi bagus, bisa dihargai dengan nilai yang tinggi loh.. Apalagi kalau perangko koleksimu tergolong langka!

So, tertarik jadi filatelis Jannaration? Mungkin kamu bisa memulainya dengan mencari sahabat pena yang hobi berkirim surat pakai perangko. Selamat memulai! :)