Melawan Dengan Karya

Melawan Dengan Karya
Mohamed Al Zammar. Seniman Palestina (Foto: worldbulletin.net)







Pemuda satu ini patut di apresiasi. Ya, gimana nggak coba. Negaranya ditindas, dibom. Eh, bukannya melawan ngebom malah ngumpulin pecahan peluru roket dan rudal Israel untuk dibuat suatu karya seni indah. Namanya Mohamed Al-Zammar.

Seniman visual dari Palestina ini ingin menyampaikan pesan damai lewat karya. Seperti yang dilansir worldbulletin.net Kamis,(5/2) di jalur Gaza, seni punya sesuatu yang berbeda.

”Seni sebagai cerminan kehidupan masyarakat. Seni yang saya buat sebagai cerminan kehidupan kami. Dan seni ini adalah cerminan penderitaan kami. Pengepungan dan pengungsian,” ujar Al Zammar.

Al Zammar menambahkan, lewat seni. Ia ingin menyampaikan ke pada dunia, bahwa bangsa Palestina sangat menghargai kehidupan dan keindahan. Meskipun, mereka telah di usir dari tanah mereka di tahun 1948 dan 1967.

Nggak hanya Al Zammar. Karya serupa juga sudah di buat oleh aktivis di tepi barat Palestina bernama Sami Musa dan Muhammad Khatib. Bedanya, ke dua pemuda itu membuat karya dari tabung gas air mata Israel, kawat berduri dan sebagian dari tembok pemisah israel. Karya tersebut di pamerkan 25 Januari lalu, dalam sebuah pameran seni bernama “Chich Art Resistance’ di Ramallah Palestina.