Love Puzzle, Puzzle Motivasi Pertama di Dunia

Love Puzzle, Puzzle Motivasi Pertama di Dunia
Membuat puzzle love dengan kertas di SD BanjarSugihan 01. Foto: Dok. Ahmad Ghozali







Suka main puzzle? Pastinya doong. Alat permainan asah otak itu emang banyak digemari terutama untuk anak-anak. Eh, tapi untuk puzzle satu ini jangan disalah artikan khusus untuk anak-anak ya. Puzzle yang dinamai ‘Love Puzzle’ ini, juga bisa dipakai untuk usia dewasa loh. Yap, selain mengasah IQ, dengan bermain puzzle ini, makna hidup akan terserap dalam filosofi puzzle tersebut.

Adalah Ahmad Ghozali, penemu dari love puzzle yang bisa dibilang, puzzle motivasi pertama di Dunia. Menurutnya, dalam love puzzle ini, terdapat dua bagian. Yaitu bentuk kotak persegi yang disebut ‘kotak  usaha’ dan bentuk lingkaran yang disebut ‘lingkaran doa’. Nah, loh? Apa lagi tuh. Lebih jauh, Ghozali, begitu pria kelahiran Surabaya, 16 Maret 1987 di sapa. Kotak persegi  memiliki 4 sisi yang sama, menunjukkan banyaknya macam usaha yang ditempuh dengan kapasitas semangat yang sama. Nggak cukup satu jalan, perlu banyak jalan yang ditempuh. Lingkaran hanya memiliki 1 sisi, menunjukkan do’a dan permohonan hanya pada satu Dzat, yakni Tuhan Yang Maha Esa.

“Untuk ‘kotak usaha’ dibagi jadi empat keping. Yaitu: Segitiga, melambangkan niat. Persegi empat, melambangkan fokus. Jajar genjang, melambangkan konsistensi dan trapesium, melambangkat kesabaran. Sedangkan ‘lingkaran do’a’ dibagi jadi tiga keping.  ¼ lingkaran 1 melambangkan ketakutan, ¼ lingkaran 2 melambangkan harapan, dan ½ lingkaran melambangkan berserah diri pada Allah SWT. Jika ke dua bagian itu digabung, akan menjadi bentuk love (cinta). Dari cinta semua impian diukir.” jelas Ghazali.

love puzzleTanpa intruksi dan arahan, kamu bakal bingung merangkai dua bentuk ( usaha dan lingkaran doa) menjadi sebuah bentuk ‘love’. “itu level terendah. Masih ada tujuh level lain yang lebih sulit dari love puzzle ini,” uraj Ghazali. Hmm, mencengangkan bukan?

Direktur utama dari Alghazali center itu, mengaku hanya butuh waktu sepuluh hari untuk mengonsep ide, filosofi dan merangkai puzzle unik ini. Nah, untuk pembentukan macam-macam mimpi (bentuk raingkaian puzzle)dia dibantu oleh saudara-saudaranya.

Dan hebatnya lagi, pria yang pernah bekerja di sebuah majalah di Jakarta ini, juga menulis buku tentang metode belajar cepat membaca, menulis, menghafal, dan memahami al-qur’an. Namanya Burhany, metode cepat membaca huruf latin bernama “Baca”, dan metode matematika berkarakter bernama “Math Love”. Keseluruhan karya dan metode tersebut ditemukan saat pemulihan kesehatan.

Semua karya dan aktifitas Ghozali dapat kamu intip di web resminya  www.alghozalicenter.com Cekidot!