Lagu Baru Tulus dan Kabar dari Album ‘Gajah’

Lagu Baru Tulus dan Kabar dari Album ‘Gajah’
Ini Aku yang Baru. Tulus saat tampil di Plaza Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, dalam gelaran Ramadhan Jazz Fest 2013. (Foto: Deddy Dwianto)







Tahun lalu, Janna pernah ‘nodong’ penyanyi bernama lengkap Muhammad Tulus Rusydi ini dengan beberapa pertanyaan seputar album barunya, seusai dia tampil di event garapan temen-temen Remaja Islam Cut Meutia (RICMA), Menteng, Jakarta Pusat: Ramadhan Jazz Fest 2013.

Kebetulan Tulus jadi salah satu penampil yang aksinya paling ditunggu oleh penonton. Meski waktu itu Janna coba korek luar-dalem, doi tetep nggak mau ngasih bocoran sedikitpun. Katanya sih masih rahasia. “Tunggu aja,” kata dia. Alhasil, dia bikin Janna pulang manyun.

Satu-satunya informasi yang bisa Janna bawa pulang dari ngobrol pendek itu cuma tentang albumnya yang bakal rampung akhir tahun. Soal judul dan segala isinya Janna disuruh banyak-banyak bersabar. Dan ternyata benar. Penantian ini akhirnya nggak sia-sia.

Semalam (22/1), Janna dapet kabar baik lewat surel dari pihak manajemen Tulus. Dan yay! Isinya lagu anyar Tulus yang bakal jadi single pertama buat album keduanya. Judulnya “Baru” dan jadi pembuka album penuh yang dikasih tajuk unik: Gajah.

Dalam keterangan tertulis perilisan single baru itu dijelaskan, Gajah sebetulnya adalah panggilan Tulus waktu kecil. Nah, lewat nama itu, Tulus pengen ngasih cerita yang lebih beragam buat Teman Tulus (penggemar musik Tulus) di album barunya nanti.

“Cerita-cerita ini dikemas dengan olah vokal Tulus dan eksplorasi instrumen bernuansa baru,” tulis keterangan itu. Album baru ini bakal dirilis secara resmi pada Februari 2014 secara independen dan bekerjasama dengan Demajors Independent Music Industry.

Untuk single “Baru” sendiri telah diperdengarkan secara serentak lewat 90 radio di seluruh Indonesia pukul empat sore kemarin (22/1). Lagu sepanjang 2 menit 57 detik ini ditulis Tulus tahun 2013 dengan bantuan sahabatnya, Ferry Nurhayat. Aransemen musiknya ditangani langsung oleh produser Tulus sendiri: Ari Renaldi.

Kalo kemarin kelewatan, kamu bisa request lagi dan minta penyiar radio kesayanganmu buat muterin lagu ini sering-sering. Soalnya lagu baru penyanyi bersuara empuk berdarah Minang ini memang bener-bener ‘fresh’. Calon hits yang nangkring lama deh di chart-chart radio.

Buat kamu yang mau nyanyi sambil joget-joget kecil pas lagu “Baru” ini diputer, ini nih Janna kasih liriknya. Selamat bernyanyi!

Tak perlu kau ajak aku bicara//
Tak akan pernah kumendengarnya//
Ini aku yang dulu bahkan tak dapat sebelah dengar dari telingamu//
Tak perlu bersolek berwangi bunga// Tak akan mampu luluhkan hatiku//
Ini aku yang dulu bahkan tak dapat sebelah mata dari pandanganmu//
Nikmatilah kejutanku// Ini aku yang baru// Nikmatilah rasa rindu//
Tak lagi dikuasamu//
Tak perlu gelitik aku tertawa//
Tak lagi kulihat ada yang lucu//
Ini aku yang dulu namanya terus jadi sisipan tiap leluconmu//
Dari dulu kamu tau// Patuh aku demi kamu//
Dulu lalu tinggal dulu//
Inilah aku yang baru//