Kursi 3D Pertama di Dunia

Kursi 3D Pertama di Dunia
Jin il Park (kanan) dan karya drawing seriesnya. (foto: Dok. Jin il)

Lewat kreasi dan inovasi pemuda ini. Kamu bakal melihat kursi format 3D secara nyata. Kursi 3D, nah, loh? hee. Yap, ini bukan gambar dalam photoshop loohh. It’s real chair, Jannaration. Sebut saja ‘drawing series’. Lewat kreasinya, ini menjadi kursi 3D pertama di dunia. Selain kursi, ada pula peratalan kantor dan rumah lain dalam format 3D. Seperti lampu dan meja.

Lewat email, Janna langsung bertanya kepada sang kreator. Namanya Jin il Park. Pemuda kelahiran Incheon, Korea Selatan tahun 1988 ini, mengaku sejak kecil dirinya sangat hobi menggambar, dengarin musik dan menyempatkan sebagian waktu luangnya untuk bekerja di berbagai tempat.

“Selain drawing series, saya juga mendesain furnitur lain seperti Rusted & Polished, The Deep Rooteed Trees, ONYX series dan lebih dari 20 tipe furnitur lainnya. Semua itu saya kerjakan sendiri,” aku Jin il pada Janna, Kamis (13/2).

Nah, kalo ini nampak asli kursi terbuat dari kawat baja bukan?

Nah, kalo ini nampak asli kursi terbuat dari kawat- baja bukan?

Alumni Universitas Hongik Fakultas Desain dan Seni Logam ini, memulai membuat ‘drawing series’ sejak masuk ke kampus tahun 2011. Dengan berbagai macam kesibukan, proyeknya sempat terhenti. Dan di tahun 2013 lalu, Jin il kembali memulai proyek ‘drawing series’nya.

Dengan keahlian dan kreatifitasnya, Jin il perlu waktu tiga minggu untuk menyelesaikan setiap satu kursi. Bahan yang digunakan menggunakan kawat-baja dan campuran beberapa bahan yang berbeda dengan menyulingnya terlebih dahulu.

Berhubung terbatas modal, Jin il belum membuatnya secara masal. “Kalau sudah banyak yang pesan, pastinya akan saya buat lebih banyak lagi,” sambung Jin il pada Janna. Nah, kursi 3D ini, dibandrol rata-rata 2000 EUR atau sekitar 30 juta IDR. Bagaimana, Jannaration. Kamu tertarik untuk memiliknya??