Igor Saykoji, Merubah Gaya Hidup

Igor Saykoji, Merubah Gaya Hidup
Saykoji (foto :Deddy Dwianto)

Kalau sudah punya uang hasil kerja keras sendiri rasanya senang tentunya ya. Mau makan ini itu bisa langsung dibeli. Kayak tukang rap satu ini. Ignatius Rosoinaya Penyami, alias Igor Saykoji. Pastinya namanya udah nggak asing lagi kaan. Yap, ngakunya sih waktu pertama kali bisa nyari duit sendiri, rapper yang terkenal lewat single ‘so what gitu loh’ itu, suka makan. Khususnya mie instan.

Sejak itu, pria kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, 8 Juni 1980 ini, mulai bertambah berat badannya. Bagi Saykoji, dari dulu nggak terlalu pusing apalagi minder soal berat badan. “Kerasa mindernya kalau naik pesawat harus minta extra belt. Tapi pelan-pelan ngomongnya, haha,” akunya kelakar.

Mungkin bagi sebagian orang dengan badan besar, akan kehilangan percaya dirinya. Tapi hal itu nggak berlaku bagi Saykoji. Walaupun saat ini dia sedang berupaya untuk mengurangi berat badan. Menurutnya, kebanyakan orang ingin turun berat badan dengan cara diet. Padahal banyak yang gagal dengan cara itu. Cara sederhananya adalah dengan mengubah gaya hidup. Seperti makan nggak lagi pakai nasi. Kalau makan ayam, yang bagian dada dan nggak pakai kulitnya.

Bukan karena alasan biar tambah pede ingin menurunkan berat badan. Tapi, lebih kepada urusan kesehatan, dan nggak mau ngerepotin orang lain. Kesadaran untuk menurunkan berat badan tersebut datang, saat bermain dengan anaknya. Dengan lincah sang anak berlari-lari, tapi Saykoji nggak kuat mengejarnya. Bagi ayah dua anak ini, rasa pede dan kebanggaan itu pindah ke anak. Makanya, Saykoji sangat menginginkan agar kondisi fisiknya dapat berubah.

“Kalau anak gue sudah besar, gue masih bisa hidup nggak ya? Kalau dia sudah nikah, gue masih bisa menyaksikan nggak ya? Kalau nggak dimulai dari sekarang tar keburu nyesel,” ujar Saykoji.

Begitu mendapat informasi tentang olah raga bernama Insanity workout, akhirnya Saykoji mencobanya rutin di rumah. Olah raga model aerobik tersebut, menurut Saykoji dapat membakar banyak kalori. Nggak hanya itu, untuk mengurangi karbohidrat, ia nggak lagi makan mie instan. Kalau mau makan gorengan atau ayam, menggorengnya dengan minyak zaitun.

Nah, untuk soal kebersihan rumah dan mengasuh anak, sengaja Saykoji nggak mengambil pembantu dan baby sitter. Semua urusan rumah tangga ia urus sendiri dengan isteri. Selain menambah rasa percaya diri mampu mengurus rumah dan mengasuh anak, juga sarana untuk berolahraga. So, bagaimana. Tertarik untuk mengikutinya?