Belajar Matematika, Belajar Cinta

Belajar Matematika, Belajar Cinta
Cover buku 'Math Love' karya Ahmad Ghozali Fadli







Bagi sebagian orang, belajar matematika memang sangat membosankan. Sebagian lagi menganggap, bisa menghitung angka, mengusai perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan sudah cukup. Apalagi di era teknologi sekarang ini, hemm. Cukup klik dan tekan angka-angka yang mau di bagi, kali atau dikurangi di kalkulator, rasanya nggak perlu lagi tuh, mempelajari matematika.

Eih, eih.. Santai dulu Jannaration. Sebelum ngasih sumpah serapah sama matematika, ada baiknya dulu baca buku Math Love (Matematika Cinta). Apa hubungannya ya, matematika dan cinta. Secara, matematika itu berhubungan dengan logika, dan cinta itu hubungannya sama perasaan. Nah, loh?

Begini guy. Dalam buku Math Love karya Ahmad Ghozali Fadli ini, memang terkesan memaksa. Ilmu logika di sejajarkan dengan rasa. Hemm, ada-ada saja ya. Tapi, buku yang ia tulis saat memulihkan kesehatan pasca sakit ini, menjadi jawabannya. Yap, buku setebal 143 halaman ini, bisa disebut sebagai metode matematika berkarakter.

Ahmad Ghozali Fadli penulis buku Math Love

Ahmad Ghozali Fadli penulis buku Math Love

Lewat buku Math Love ini pula, Ghozali sering diundang untuk mengupas dan melatih tentang tema matematika dan cinta di berbagai acara. Baik lewat institusi pendidikan ataupun perusahaan swasta maupun negeri.

Dengan membaca dan menelaah tiap halamannya, suguhan informasi mengenai matematika nggak bikin kening kita melipat. Senyum senang, kagum dengan deretan angka-angka yang sangat indah dilihat dan diperhatikan. Seperti yang ditulis pada bab pertama, halaman 14 berikut ini

Guru : Anak-anak, jika kamu punya (2) dua kelereng, kemudian ayah kamu memberi (3) tiga kelereng lagi. Maka jawabannya adalah?” Anak-anak: Terima kasih Yah, atas kelerengnya…

Di halaman 90, sebuah deretan angka dari 1 sampai sembilan di kali sembilan di kali urutan angka dari satu sampai sembilan, menghasilkan delapan urutan angka yang sama plus nol dan angka yang sama setelahnya. Berikut contohnya:

123456789 x 9 x 1 = 1111111101

123456789 x 9 x 2 = 2222222202

123456789 x 9 x 3 = 3333333302. Begitu seterusnya hingga angka ke sembilan. Hmmm, sangat indah bukan?

“Untuk menciptakan alam semesta dan manusia, Tuhan menggunakan hitungan yang matang. Nggak main-main looh. Untuk bergerak saja, Tuhan menyiapkan 200 tulang dengan arsitektur yang rumit, 500 otot yang terkoordinasi, dan sepuluh km serabut saraf. Ini bukti, bahwa dengan hitungan matematis, Tuhan sangat mencintai manusia. Lagi-lagi dengan cinta. Hee,” ucap Ghozali  saat ditanya Janna via media sosial (4/1).

Dalam buku Math Love ini, kamu dapat menikmati filosofi angka, sejarah angka, tips menghitung dengan jalan yang lebih mudah dan simpel, hingga melatih kejujuran dengan angka. Nah, loh! Tebak kejujuran dengan angka? Yap, lewat buku ini, kejujuran seseorang dapat kamu ketahui. Wuiih, pastinya sangat cool dan makin asyik deeh belajar matematika dengan cinta.

Judul buku                                         : Math Love, Belajar Matematika Belajar Cinta

Penerbit                                              : Mybrain Publishing, Surabaya

Jumlah halaman                              : 143 halaman

Cetakan/Tahun penerbitan        : Pertama/Agustus 2013