BBI Penyebar Virus Membaca

BBI Penyebar Virus Membaca







Nggak salah kalau ada yang bilang buku adalah jendela dunia. Makanya, berbahagialah kamu yang suka baca dan ngoleksi buku. Namun, sebelum membeli buku baru, nggak ada salahnya kalau kita melongok dulu review-nya seperti apa. Terlebih, kalau kita ingin membeli buku dari genre yang berbeda dari biasanya. Kamu kah salah satu yang demikian? Sama dong… Salah satu yang Janna rekomendasikan banget sebagai gudangnya review buku ialah blog blogbukuindonesia.com.

Blog Buku Indonesia pertama kali muncul pada 13 April 2011, ditandai dengan dipublikasikannya daftar blog buku Indonesia sejumlah 37 blog di grup Goodreads Indonesia dan notes facebook oleh Hernadi Tanzil, sang inisiator terbentuknya BBI. Hernadi yang sejak lama blognya dipenuhi review buku awalnya memang iseng mencari blogger yang satu hobi.

“Iseng cari yang senasib aja karena saya suka nulis blog jadi secara nggak sengaja nemuin blog khusus buku seperti saya,” ungkap Hernadi saat menceritakan awal terbentuknya BBI. Akhirnya, nggak lama setelah dipublikasikannya daftar blog itu, rupanya banyak yang tertarik sehingga terbentuklah grup komunitas Blogger Buku Indonesia (BBI) di facebook.

Namanya blog buku, pastinya semua yang diposting di sana berhubungan dengan buku. Bentuknya bisa berupa resensi buku, berita buku, curhat buku, cover buku, buku yang tersedia untuk ditukar, dan sebagainya. Teknisnya, semua anggota BBI harus punya blog pribadi yang kontennya khusus membicarakan buku saja. Nah, blogbukuindonesia.com kemudian jadi semacam agregator bagi para anggota BBI, sehingga tiap posting yang ditulis di blog pribadi juga akan muncul di blogbukuindonesia.com. Nggak ada batasan mau nulis tentang buku apa dan dari genre apapun kalau mau jadi bagian dari BBI. Makanya, kamu bisa nemuin berbagai buku disini, ada sejarah, novel, biografi, apapun mudah-mudahan ada. Mereka yang bergabung dengan BBI sebagai anggota memang blognya harus khusus membahas buku apapun dan aktif minimal satu postingan dalam empat bulan. Hmm, makanya nggak heran blog buku Indonesia selalu terupdate Jannaration..

Sebagai komunitas, BBI juga ngadain beberapa event meskipun belum terlalu banyak. Secara reguler, BBI suka ngadain yang namanya posting bareng. Iya, tiap akhir bulan biasanya mereka menetapkan satu tanggal dimana semua anggota akan memosting review satu genre buku yang disepakati secara berbarengan. “Selain kopdar, kita yang di cyber biasa posting bersama. Misal bulan ini kita mau baca romance, ya udah nanti tanggal segini harus posting romance. Posbar namanya, posting bareng,” jelas Hernadi.

Hernadi Tanzil, Inisiator lahirnya perkumpulkan Blogger Buku Indonesia (foto. dok BBI)

Hernadi Tanzil, Inisiator lahirnya perkumpulkan Blogger Buku Indonesia (foto. dok BBI)

Selain posting bareng, BBI yang memiliki visi menyebarkan virus membaca dan peduli dunia perbukuan juga mengadakan yang namanya BBI berbagi, yakni gerakan sosial dimana para anggota menabung bersama. Nantinya, uang yang terkumpul akan disumbangkan ke perpustakaan yang membutuhkan. Agar bisa mewujudkan visinya itu, BBI pun punya misi buat  menjadikan blog indonesia sebagai wadah yang bisa dipercaya oleh dunia perbukuan. Makanya, kadang juga ada penerbit yang sengaja memberikan buku secara gratis pada BBI untuk di-review.

Kini, kata Hernadi, BBI sudah punya sekitar 170 anggota dan punya susunan organisasi yang resmi sejak 11 Januari 2012. So, kalau kamu butuh referensi soal buku, boleh deh kamu buka blogbukuindonesia.com!