Bagaimana Menulis Statement Of Purpose untuk Melamar Beasiswa?

Bagaimana Menulis Statement Of Purpose untuk Melamar Beasiswa?
colombianaeducationfund.org







Pernah nggak sih terlintas di benak kamu kalau kamu ingin sekolah di luar negeri? Kuliah, atau mungkin melanjutkan S2 atau S3? Hmm.. siapa yang nggak mau coba? Tiap ada kesempatan pastinya kudu dicoba..

Nah, kadang yang jadi kendala saat kita mendaftar ke universitas di luar negeri atau mencari beasiswa adalah bagaimana menulis statement of purpose yang baik dan dapat diterima. Iya ngga? Nah, buat Jannaration yang pengen coba apply sekolah ke luar negeri, Janna udah merangkum nih beberapa tips penulisan statement of purpose..

  • Biasanya statement of purpose ditulis cukup sepanjang 1,5-2 halaman saja dengan kalimat aktif agar mudah dipahami.
  • Paragfar pertama, diisi dengan perkenalan. Bagian ini kamu akan menjelaskan hal-hal apa saja yang menarik untuk kamu dan ceritakan apa saja yang telah kamu lakukan setelah lulus kuliah. Bisa tentang proyek atau karya tulis apa yang sudah dikerjakan, tanggung jawabnya dan tentu saja hasilnya seperti apa. Ceritakan juga pengalaman kerja yang berhubungan dengan jurusan yang diinginkan. Sebisa mungkin, jelaskan juga bagaimana aktivitas itu membuatmu fokus dan yakin ingin mempelajari subjek tersebut saat belajar di luar negeri. Ingat, penjelasannya nggak perlu berbelit-belit karena akan membuat pemeriksa jenuh baca surat kamu. Be bold on your motivation and competences!
  • Paragraf kedua, saatnya kamu jelaskan jurusan apa yang kamu pilih. Disini, pemeriksa akan melihat bagaimana kandidat menganalisis alasan-alasan yang mengantarkan kamu pada pilihanmu. Makanya, seefektif mungkin ceritakan pengalaman kamu sampai akhirnya memutuskan jurusan yang diinginkan. Jangan menceritakan jauh ke belakang, cukup temukan satu titik balik yang kamu rasa paling spesifik dan tepat. Misalnya, ketertarikan kamu berawal dari pengalaman mengerjakan tugas, pengalaman studi lapangan, buku yang kamu baca atau termotivasi berkat guru atau dosen sebelumnya. Disini, jika ada berikan juga detail pengalaman kursus, proyek atau apapun aktivitas kamu yang membuat kamu fokus dan menguatkan keyakinanmu memilih jurusan tertentu.
  • Sebelum menulis statement of purpose, selain jurusan yang dituju, kamu baiknya juga sudah tahu sekolah mana yang kamu incar karena ini sangat membantu pemeriksa mengetahui seberapa besar antusias kamu. Kamu bisa lihat departemen yang ingin kamu masuki di web dan kalau ada, katakan juga kamu tertarik dengan salah satu profesor yang ada disana dan sedikit banyak telah membaca hal-hal yang membuat kamu makin tertarik belajar di jurusan itu. Nah, paparkan hal itu di paragraf ketiga dan sertakan pula kenapa kamu baru akan melanjutkan sekolah setelah menunda beberapa waktu.
  • Terakhir,  akhiri statement kamu dengan kalimat positif yang menggambarkan betapa kamu excited dan siap menghadapi semua tantangan yang ada di depan kamu!

So, segera rancang rencana studi kamu selanjutnya Jannaration!